Selasa, 16 Januari 2018

Berencana Beli Mobil Bekas? Inilah 7 Tips Beli Mobil Second yang Perlu Diketahui

Saat ini mobil masih menjadi salah satu alat transportasi yang diminati banyak kalangan. Kebutuhan mobilitas adalah alasan yang paling mendasar mengapa mobil dijadikan pilihan. Mobil yang dikenal sebagai kendaraan mahal ini memang menawarkan banyak kemudahan sehingga wajar jika banyak yang ingin memilikinya. Tetapi, bagi Anda yang mempunyai budget terbatas juga bisa beli mobil second, dimana harganya tentu lebih terjangkau dibandingkan yang baru.



Ya, mobil second dapat menjadi alternatif terbaik apabila Anda ingin mempunyai mobil tanpa harus menguras saldo tabungan terlalu dalam. Kendati bukan mobil baru, namun mobil second ini  tidak kalah berkualitas dengan mobil baru. Hanya saja, Anda harus sedikit lebih selektif ketika memilihnya supaya mobil bekas yang dibeli benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

Mengingat mobil bukan sesuatu yang murah, pastikan Anda mengetahui tips beli mobil second di bawah ini agar harga yang dibayarkan sesuai dengan kualitas mobil yang didapatkan.

Tentukan Jenis Mobil yang akan Dibeli
Sebelum memutuskan pergi ke tempat jual beli mobil bekas, sebaiknya Anda sudah membekali diri dengan informasi terkait dengan jenis mobil yang akan dibeli. Informasi tersebut bisa tentang merk mobil, tahun keluaran, kapasitas mesin dan lainnya. Dengan begitu Anda tidak akan bingung ketika survei ke tempat jual mobil second.

Survei Langsung
Apabila Anda berencana membeli mobil bekas di situs jual beli mobil bekas online, maka usai menentukan jenis mobil yang akan dibeli, Anda harus melakukan survei langsung. Datangi lokasi yang jual mobil bekas tersebut kemudian cek kondisi mobil yang diinginkan.

Periksa Bodi Mobil
Bagian mobil yang pertama kali dilihat adalah bodi mobil. Nah, mulailah untuk mengecek bodi mobil tersebut. Apakah ada yang lecet atau peyok. Memeriksa bagian bodi mobil ini sekaligus untuk memastikan kondisi cat mobil. Apakah masih orisinil atau sudah dicat ulang. Karena Anda akan beli mobil second, maka poin ini jangan sampai dilewatkan ya. Sebab poin ini juga berpengaruh pada harga mobil tersebut.

Periksa Interior Mobil
Setelah memeriksa bodi mobil, Anda bisa mengecek bagian interior mobil. Membeli mobil baru saja mengharuskan Anda untuk melihat langsung bagian-bagian interiornya, apalagi ketika beli mobil second seperti ini. Jadi jangan remehkan hal yang terlihat sederhana ini ya.

Periksa Mesin Mobil
Belum sampai pada test drive, pada poin ini Anda disarankan untuk melihat pada bagian blok mesin. Lihat dengan teliti apakah ada noda oli disana. Apabila ada, biasanya oli yang berceceran pada mesin ini bermula karena adanya kebocoran mesin. Hal ini juga memungkinkan bahwa mesin mobil tersebut sering overheating.

Test Drive
Memeriksa bagian luar mesin juga penting dilakukan. Namun setelah itu Anda harus melakukan test drive untuk memastikan jika kondisi mesin mobil tersebut dalam kondisi mulus normal. Tetap lakukan test drive sekalipun bagian blok mesin bersih mengkilap. Sebab bagaimana kondisi mesin ini akan terasa saat test drive.

Cek Kelengkapan Surat dan Dokumen
Entah membeli mobil baru atau bekas, keabsahan surat dan dokumen adalah keharusan. Untuk itu, guna memastikan bahwa mobil bekas yang Anda beli ini bukanlah mobil bodong, tanyakan kepada penjual perihal kelengkapan surat dan dokumen mobil tersebut.


Demikianlah 7 tips beli mobil second yang perlu Anda perhatikan jika tak ingin salah ketika memilih mobil bekas. Apabila Anda kurang paham seluk-beluk kualitas mobil atau mesin mobil, sebaiknya Anda mengajak kerabat atau rekan untuk mendampingi saat melakukan survei. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar